Selasa, 31 Januari 2012

Hujan Oh Hujan

Tik..tik..
Bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan genting
Dahan dan genting basah semua..

Dari pagi banjarmasin diguyur hujan. Maksud hati pengen konsultasi ke kampus, tapi apa daya hujan. Bisa sih kalau pake jas hujan, apalagi aku paling suka hujan-hujanan. Tapi, dipikir-pikir kalau hujan-hujan ke kampus belum tentu juga kan beliau ada. Gubrak deh pola pikirku ini. Ckckck

Hm, binggung juga mau ngapain di rumah. Pengen tidur kagak mengantuk, pengen nonton tv kagak ada yang rame, revisi skiripsi lagi mudeng, nulis cerpen kagak ide. Ckckck bahasa banjarnya "sarabanya". So, pilihan jatuh lah nyeloteh di blog. Tapi, binggung juga mau nyeloteh apa di ini blog. Hahaha...
Nah ini dia iseng-iseng duduk di depan jendela ngambil foto depan rumah kala hujan.
Yah, air hujannya kagak keliatan. Cuma basahnya saja.

Hm, muter-muter otak mau celoteh apa ya. Aha...mendingan aku celoteh kisah my mom's kemarin sabtu saja ya. Kayaknya kisah ini berguna juga lho terutama untuk ortu. So, daripada kebanyakan basa-basi mending dengarkan saja ya.

My mom's kan guru SMP, meski SMP nya terletak di kota banjarmasin. Tapi ini SMP jauh banget tempatnya. Di ujung kota banjarmasin mana banyak yang bilang SMP sisa. Yo, wes lah mau bilang SMP apa saja.
Sabtu itu diisi dengan beres-beres kelas, nyapu, lap kaca motong rerumputan dan yang lainnya. Maklum senin mau ada try out alias uji coba kelas 3.Nah, selesai semua beres anak-anak dikumpulkan di lapangan biasalah diberi pengarahan ini dan itu.

Nah, waktu my mom's mau ke ruang dewan guru dan melewati beberapa kelas tiba-tiba mendengar suara orang menangis. Binggung dong masa siang-siang ada hantu nangis. Ckckkck, siswa nggak mungkin dong ada di kelas wong mereka semua dikumpulkan di lapangan.

Saking penasaran my mom's mencoba meliat masing-masing kelas mencari sumber suara itu. Dan ketemulah sumber suaranya dari kelas IE. Ealah..ternyata di kelas ada 3 orang anak. 2 orang anak berkelahi satunya lagi duduk di sudut kelas sedang menghisap lem fox. Ckckckck

Diteriaki kagak mau berhenti juga berkelahinya. Wajar kali ya cowok berkelahi memang seram. So, my mom's membalik meja. Wuits, keren itu rupanya bisa menghentikan perkelahian itu. Tiga anak itu langsung deh disuruh ke ruang pengawas harian. Eits, mata my mom's emang tajam euy lihat satu anak masukin hp ke dalam tasnya.

Kalau boleh jujur my mom's serem banget kalau lagi marah. Alhamdulillah beliau kagak bisa ngamuk di rumah kayak ngamuk di sekolah. Maklum kata beliau di sekolah itu anak-anaknya kayak anak harimau kagak bisa dilembut-lembuti. Hihihi

Nah, di ruang pengawas biasalah pasti dong guru marah kalau ada yang berkelahi. Apalagi my mom's minta salah satu guru untuk membongkar tas salah satu anak. Dan ternyata mata my mm's tidak salah emang ada satu hp di dalam tas anak itu.

Diadili lah mereka bertiga yang dua orang berkelahi sampai bengkak-bengkak dan berdarah muka yang satunya lagi menghisap lem fox.

***Nyambung ntar deh ceritanya ya, alhamdulillah hujan sudah reda. So, berangkat ngampus dulu, semoga dospembnya ada***

Sambil nunggu azan maghrib, yuk lajut dengar celotehanku sambugan kemarin.

Gini nih pas mereka lagi diadili dengan segala macam kemarahan dari guru-guru termasuk my mom's tiba-tiba datang sesosok pria. Aih, wajahnya menakutkan karena marah. Kagak pake salam, langsung nyamber kayak gledek marah-marah. Jelas sajalah semua yang ada di ruangan itu kaget.

Ternyata eh ternyata itu orang bapaknya salah satu anak yang berkelahi. My mom's yang saat itu ada di ruangan bersama dua orang guru laki-laki mencoba menyabarkan itu orang. Ealah tambah emosi, apalagi itu orang ternyata tentara dan dia mau menembak si anak yang menjadi musuh anaknya.

Jelaslah sudah semuanya refleks. Apalagi mamaku yang ada di samping si anak yang mau di tembak. Sedikit saja peluru itu keluar dari sarangnya yang kena duluan pastilah my mom's.

Alhamdulillah itu orang bisa disabarkan. Tapi malah memarahi dan mencaci maki guru-guru. Malah mengatakan guru-guru preman lagi. Binggung juga itu orang padahal dia besar dan mendapatkan ilmu dari guru kan.

Finally, pihak sekolah mengeluarkan si anak. Dan ortunya mengancam akan membawa masalah ini ke ranah hukum dan media massa. Tapi, yang namanya orang nggak salah yang pasti tidak akan takut. Mau di bawa ke mana saja oke. Kata guru-gurunya.

Sedangkan si anak yang di mau ditembak tadi diantarkan pulang oleh guru laki-laki. Sebenarnya my mom's takut juga sih mental si anak tadi jadi drop dan takut ke sekolah. Apalagi sudah dua hari senin dan selasa kagak masuk. Yah, semoga saja si anak cuma perlu waktu istirahat.

Hm, inilah dunia pendidikan. Di sekolah itu kalaupun ada masalah jangan selalu menyalahkan guru. Dan lagi kalau anak yang bertengkar ya cobalah dilerai jangan selalu main hakim sendiri, menyalahkan orang lain.

Yo wes, lah sudah magrib.
Sholat, makan lanjut skiripsi.
Semoga saja besok dospemku sudah acc dan mau ttd. Amiinn ^^

Banjarmasin, 31 Januari 2012
Di saat senja mulai bergema ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar